TIDAK BERLEBIH DALAM CINTA DAN BENCI

 


🌴 🕌_______ .●
   |   SERI KAJIAN HADITS  |
●˙_______🕌🌴

🍃 TIDAK BERLEBIH DALAM CINTA DAN BENCI 🍃

📕📕 Hadits ke-2

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu ia berkata; Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda;,

أَحْبِبْ حَبِيبَك هَوْنًا مَا عَسَى أَنْ يَكُونَ بَغِيضَك يَوْمًا مَا وَأَبْغِضْ بَغِيضَك هَوْنًا مَا عَسَى أَنْ يَكُونَ حَبِيبَك يَوْمًا مَا

“Cintailah kekasihmu sewajarnya, karena bisa jadi suatu saat dia akan menjadi seorang yang engkau benci. Dan bencilah orang yang engkau benci sewajarnya saja karena bisa jadi suatu saat dia akan menjadi kekasihmu.' (Shahih. HR. At Tirmidzi, Ibnu Adi, dan Ibnu Hibban)

🎁🎁 Faedah Hadits :

1. Cinta dan benci adalah dua sifat yang selalu melekat pada diri manusia. Keduanya adalah karunia dari Allah sejak manusia lahir (fithrah).

2. Cinta dan benci merupakan persoalan emosional yang mewarnai kehidupan seseorang saat ia berinteraksi dengan orang lain. Selagi cinta dan benci tersebut diletakkan dalam batas kewajaran maka selamatlah dirinya.

3. Maksud membenci dan mencintai sekedar (sewajarnya) saja adalah disaat mencintai tidak berlebihan sebagaimana berlebihannya anak kecil dalam menyenangi sesuatu dan disaat membenci tidak berlebihan laksana musuh bebuyutan yang mengharapkan kebangkrutan dan kebinasaan orang yang dibencinya.

4. Mencintai berlebihan akan mendorong seseorang menceritakan rahasia-rahasia yang dimilikinya dan berlebihan saat memujinya hingga kelak akan memudharatkannya disaat kecintaan tersebut beralih menjadi kebencian. Sedang kebencian yang berlebihan akan mendorong seseorang menceritakan berbagai keburukan orang yang dibencinya sehingga dirinya akan merasa malu disaat kebencian beralih menjadi cinta.

5. Menerangkan bahwa hati manusia berada diantara dua jemari dari jari- jemari Allah. Dia membolak-balikkannya sesuai dengan kehendaknya; mengubah cinta menjadi benci dan mengubah benci menjadi cinta.

🎈🎈🎈
Sumber :
Syarah Ringkas 40 Hadis Pilihan
Oleh Abu Halbas Muhammad Ayyub, Lc

📡 Disebarkan dan diedit oleh
Yayasan Al-Burhan Jember (Islamic Center Wuluhan)
Jl. Wr. Supratman, Wuluhan, Jember

#kajian #sunnah #muhammadayyub #alburhanjember #islamiccenter #wuluhan #jember

Komentar

Lebih baru Lebih lama