TIDAK ADA SHALAT LAIN SEWAKTU IQAMAH DIKUMANDANGKAN SELAIN SHALAT FARDHU

┏🌀🔘⚫●●━━━━━━━━━━━━┓

 FIQIH HADIS (01)

┗━━━━━━━━━━━━●● ⚫🔘🌀┛

TIDAK ADA SHALAT LAIN SEWAKTU IQAMAH DIKUMANDANGKAN SELAIN SHALAT FARDHU

✍️Ustadz Muhammad Ayyub Lc

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu ia berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wassallam bersabda;

إذا أُقِيمَتِ الصَّلاةُ، فلا صلاةَ إلَّا المكتوبةَ

“Apabila shalat telah diiqamahi maka tidak ada shalat kecuali shalat wajib" (HR. Muslim)

✍ Faidah Hadis :

1⃣ Apabila iqamat shalat dikumandangkan maka tidak dibenarkan memulai atau membuka shalat sunnah apapun baik itu shalat Sunnah rawatib muakkad maupun shalat tahiyyatul masjid.

2⃣ Larangan diatas juga berlaku bagi mereka yang tengah (sedang) mengerjakan shalat sunnah. Hanya saja bagi mereka yang tidak khawatir kehilangan takbiratul ihramnya imam maka ia dibenarkan menyempurnakan shalatnya tanpa harus membatalkan. 

3⃣ Apabila menyempurnakan shalat sunnah dapat menyebabkan terluputnya takbiratul ihram maka shalat sunnah yang dikerjakan tersebut mesti dibatalkan. Dan pendapat yang benar pembatalan tersebut tidak membutuhkan salam. 

4⃣  Tidak hanya sebatas didalam masjid. Apabila seseorang berada di rumah dan mendengar Iqamah dikumandangkan di masjid ditempat ia biasa berjamaah maka ia pun tidak diperkenankan memulai shalat sunnah dirumahnya. Dan ini tidak berlaku bagi wanita lantaran dirinya tidak berkewajiban menghadiri shalat jamaah.

5⃣ Apabila berbenturan antara amalan wajib dan amalan sunnah dalam satu waktu maka wajib mendahulukan amalan wajib. Menyibukkan diri dengan shalat wajib seperti kasus diatas adalah lebih diutamakan daripada menyibukkan diri dengan shalat sunnah.

♾🧭♾

📡 Disebarkan dan diedit oleh
Yayasan Al-Burhan Jember (Islamic Center Wuluhan)
Jl. Wr. Supratman, Wuluhan, Jember

#kajian #sunnah #muhammadayyub #alburhanjember #islamiccenter #wuluhan #jember

Komentar

Lebih baru Lebih lama