FIQIH NIAT

๐ŸŒด ๐Ÿ•Œ_______ .●
   |   SERI KAJIAN HADITS  |
●˙_______๐Ÿ•Œ๐ŸŒด

๐Ÿƒ FIQIH NIAT ๐Ÿƒ

๐Ÿ“•๐Ÿ“• Hadits ke-1

Dari Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu anhu ia berkata; Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

ุฅِู†َّู…َุง ุงْู„ุฃَุนْู…َุงู„ُ ุจِุงู„ู†ِّูŠَّุงุชِ، ูˆَุฅِู†َّู…َุง ู„ِูƒُู„ِّ ุงู…ْุฑِุฆٍ ู…َุง ู†َูˆَู‰، ูَู…َู†ْ ูƒَุงู†َุชْ ู‡ِุฌْุฑَุชُู‡ُ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุฑَุณُูˆْู„ِู‡ِ ูَู‡ِุฌْุฑَุชُู‡ُ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุฑَุณُูˆْู„ِู‡ِ، ูˆَู…َู†ْ ูƒَุงู†َุชْ ู‡ِุฌْุฑَุชُู‡ُ ู„ِุฏُู†ْูŠَุง ูŠُุตِูŠْุจُู‡َุง ุฃَูˆِ ุงู…ْุฑَุฃَุฉٍ ูŠَู†ْูƒِุญُู‡َุง ูَู‡ِุฌْุฑَุชُู‡ُ ุฅِู„َู‰ ู…َุง ู‡َุงุฌَุฑَ ุฅِู„َูŠِู‡ِ

“Sesungguhnya segala amalan itu tidak lain tergantung pada niat; dan sesungguhnya tiap-tiap orang tidak lain (akan memperoleh balasan dari) apa yang diniatkannya. Barangsiapa hijrahnya menuju (keridhaan) Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya itu ke arah (keridhaan) Allah dan rasul-Nya. Barangsiapa hijrahnya karena (harta atau kemegahan) dunia yang dia harapkan, atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu ke arah yang ditujunya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

๐ŸŽ๐ŸŽ Faedah hadits :

1. Menerangkan bahwa setiap amalan-amalan syariat (mis: Shalat, puasa, menuntut ilmu) harus dilakukan dengan niat.

2. Amalan-amalan syariat yang dilakukan tanpa niat, maka amalan tersebut dinyatakan tidak sah. Niat laksana ruh bagi tubuh; ketidakadaan niat pada amal laksana tubuh yang tidak memiliki ruh.

3. Amalan yang dinyatakan sah dan yang berbuah pahala adalah amalan yang diniatkan karena Allah (ikhlash) dan dikerjakan sesuai dengan sunnah Rasulullah shallallรขhu ‘alaihi wa sallam.

4. Niat itu adalah pekerjaan hati bukan pekerjaan mulut, karena arti niat itu sendiri adalah keinginan kuat (al-‘azmu) dan kehendak (al-qashdu). Maka melafadzkan niat bukanlah perbuatan terpuji dalam Islam.

5. Niat berada diawal pekerjaan lantaran niat adalah pembeda antara ibadah dan adat (mis: makan sahur niat puasa dan makan sahur niat kuat kerja).

๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ๐ŸŽˆ

Sumber :
Syarah Ringkas 40 Hadis Pilihan

✍️Ustadz Muhammad Ayyub Lc

๐Ÿ“ก Disebarkan dan diedit oleh
Yayasan Al-Burhan Jember (Islamic Center Wuluhan)
Jl. Wr. Supratman, Wuluhan, Jember

#kajian #sunnah #muhammadayyub #alburhanjember #islamiccenter #wuluhan #jember

Komentar

Lebih baru Lebih lama