ANJURAN MELURUSKAN SHAF SHALAT

┏🌀🔘⚫●●━━━━━━━━━━━━┓

 FIQIH HADIS (03)

┗━━━━━━━━━━━━●● ⚫🔘🌀┛

ANJURAN MELURUSKAN SHAF SHALAT

✍️Ustadz Muhammad Ayyub Lc

Dari Anas radhiallahu anhu ia berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wassallam bersabda;

سَوُّوا صُفُوفَكُمْ , فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصُّفُوفِ مِنْ إِقَامَةِ الصَّلاةِ

"Luruskanlah barisan (shaf) kalian, karena meluruskan shaf adalah bagian dari menegakkan shalat." (HR. Muttafaqun Alaihi)

✍ Faidah Hadis :

1⃣ Meluruskan dan merapatkan shaf saat shalat berjamaah adalah wajib hukumnya. Meninggalkan dan menyia-nyiakannya adalah dosa.

2⃣ Meluruskan shaf tidak terwujud kecuali dengan al muhadzat (posisi makmum dengan makmum lainnya berada sejajar dimana bahu dan kedua mata kaki yang menjadi patokannya), at-tarasu (rapat tidak renggang dalam satu barisa shaf), antara shaf pertama, kedua dan seterusnya saling berdekatan,  dan tidak membuat shaf baru sebelum shaf sebelumnya benar-benar telah penuh.

3⃣ Para imam tidak dibenarkan memulai shalat sebelum memastikan kondisi makmum benar-benar telah meluruskan shaf-shaf mereka. Selain tanggung jawab para  makmum meluruskan shaf juga merupakan tanggung jawab imam.

4⃣ Diantara akibat yang didapatkan oleh makmum apabila tidak meluruskan dan merapatkan shaf adalah hati akan berselisih, tidak tertegakkannnya shalat secara sempurna, serta celah yang kosong diisi oleh setan.

5⃣ Apabila dalam barisan shaf ada makmum yang tidak meluruskan shafnya maka shalat berjamaah tersebut adalah sah. Bagi yang telah berusaha meluruskan dan merapatkan shaf maka ia keluar dari shalat jamaahnya dengan membawa pahala sedang bagi mereka yang tidak meluruskan atau melalaikannya keluar dari shalat jamaahnya dengan membawa dosa.

♾🧭♾

📡 Disebarkan dan diedit oleh
Yayasan Al-Burhan Jember (Islamic Center Wuluhan)
Jl. Wr. Supratman, Wuluhan, Jember

#kajian #sunnah #muhammadayyub #alburhanjember #islamiccenter #wuluhan #jember

Komentar

Lebih baru Lebih lama