Kewajiban Puasa Ramadhan - Serial 40 Hadis Ramadhan

❄🌻 ®🅰Ⓜ🅰🌙🅰🧲 🌻❄ 
(40 HADIS RAMADHAN)
01- KEWAJIBAN PUASA RAMADHAN 

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu anhu ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda;

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“ Islam dibangun diatas lima dasar; persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali  Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji, dan puasa Ramadhan” .” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

✍ Faidah Hadis
1. Agama islam laksana bangunan megah yang ditopang dengan lima pilar yang kokoh. Bagi yang berada didalam bangunan seperti ini ia akan terjaga dan ternaungi dari berbagai macam bahaya dan keburukan. Lima pilarnya, yaitu; dua kalimat syahadat, shalat, puasa ramadhan, zakat, dan haji disebut dengan arkanul islam(rukun-rukun Islam).

2. Puasa Ramadhan hukumnya wajib. Kewajibannya berdasarkan firman Allah (lihat surat Al-Baqarah 185), berdasarkan As-Sunnah (diantaranya hadis yang tengah kita bahas ini), dan berdasarkan atas ijma' (konsensus) kaum muslimin. Mengingkari kewajibannya menyebabkan pada kekufuran (kafir). 

3. Puasa Ramadhan diwajibkan pada tahun kedua hijriah tepatnya di bulan Sya'ban setahun setengah setelah berhijrahnya Nabi shallahu alaihi wasallam ke Madinah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri sempat berpuasa sebanyak sembilan kali Ramadhan dalam hidupnya.

4. Puasa (shaum/shiyam) dalam bahasa Arab bermakna ‘menahan’ (imsak). Sedang menurut istilah, puasa adalah ‘menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa, sejak terbitnya fajar yang kedua (fajar shadiq) hingga terbenamnya matahari dengan niat puasa, untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Sedang Ramadhan, adalah kata bentukan dari kata ُالرَّمَض yakni panas matahari  yang amat menyengat. Dengan demikian latar belakang  dinamakan dengan puasa Ramadhan tidak lain karena puasa yang dikerjakan pada awal-awal Islam bertepatan dengan cuaca yang panas dinegeri Arab ketika itu.

5. Kewajiban berpuasa tidak hanya berlaku pada ummat ini namun juga berlaku pada ummat-ummat sebelumnya. Namun puasa Ramadhan  dengan segala sifat dan kadarnya adalah merupakan salah satu dari keistimewaan yang dimiliki oleh ummat Muhammad shalallahu alaihi wasallam.

♾🧭♾

Diedit dan Disebarkan Oleh
Yayasan Al-Burhan Jember
(Islamic Center Wuluhan)
Jl. Patimura, Purwojati, Dukuh Dempok, Wuluhan, Jember
Website : https://alburhanjember.com​
Facebook : https://facebook.com/alburhanjember.fp​
Instagram : https://instagram.com/alburhanjember​
Twitter : https://twitter.com/alburhanjember
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCu4MBY27Xy_cMFOaLksBPog
Telegram : https://t.me/alburhanjember

#kajian #sunnah #ramadhan #muhammadayyub #islamiccenter #wuluhan #alburhanjember #jember

Komentar

Lebih baru Lebih lama