Kewajiban Niat Berpuasa Ramadhan - Serial 40 Hadis Ramadhan

❄🌻 ®πŸ…°ⓂπŸ…°πŸŒ™πŸ…°πŸ§² 🌻❄ 
(40 HADIS RAMADHAN)
πŸ“ Oleh Ustadz Muhammad Ayyub Lc
09- KEWAJIBAN NIAT BERPUASA RAMADHAN 

Dari Hafshah radhiyallahu 'anha, ia berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda;

Ω…َΩ†ْ Ω„َΩ…ْ يُΨ¨َيِّΨͺِ Ψ§Ω„Ψ΅ِّيَΨ§Ω…َ Ω‚َΨ¨ْΩ„َ الفَΨ¬ْΨ±ِ فَΩ„Ψ§َ Ψ΅ِيَΨ§Ω…َ Ω„َΩ‡ُ

"Barang siapa yang tidak berniat sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya." (HR. Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi dan An-Nasai. Ulama berbeda pendapat tentang marfu' tidaknya hadis ini dan yang unggul bahwa hadis ini mauquf atas Hafshah dan Ibnu Umar Radhiyallahu anhuma)

✍️ Faidah Hadis :
1️⃣ Salah satu rukun dari semua macam dan ragam ibadah adalah niat. Tanpa niat, ibadah yang dilakukan seorang hamba dinyatakan tidak sah demikian yang disabdakan oleh Nabi shallahu alaihi wasallam. Niat itu sendiri adalah tekad atau  kehendak hati untuk melakukan suatu ibadah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah ta'ala.

2️⃣ Termasuk ibadah puasa, niat mesti harus ada padanya. Tanpa niat semua ragam ibadah puasa; baik itu puasa wajib, puasa sunnah, maupun puasa qadha (pengganti) dinyatakan tidak sah. Hanya saja ulama berbeda pendapat tentang waktu pelaksanaan niat puasa. Dan pendapat yang unggul bahwa niat puasa  wajib (puasa Ramadhan, puasa nadzar, dan puasa qadha) waktunya adalah dimalam hari yang terbentang dari setelah terbenamnya matahari hingga sebelum terbitnya fajar berdasarkan pada hadis yang sedang kita bahas. Sedang puasa sunnah tidak harus diniatkan dimalam hari, dapat juga dilakukan disiang hari baik sebelum dan setelah tergelincir matahari dengan syarat belum makan, minum atau mengerjakan sesuatu yang membatalkan puasa dengan dasar bahwa Nabi shalallahu alaihi wasallam pernah baru memulai puasa disiang hari saat mengetahui tidak ada makanan dirumah Aisyah radhiyallahu anha(HR. Muslim).

3️⃣ Mentradisikan berniat puasa dengan cara dilafadzkan sebelum tidur, atau setelah shalat tarawih secara berjamaah, atau saat hendak makan sahur  adalah tradisi yang keliru bahkan masuk dalam kategori bid'ah dalam agama. Niat bisa ditempatkan pada waktu kapan saja dimalam hari sebelum fajar terbit dan niat bukanlah amalan lisan namun amalan hati. Karena arti dari niat itu sendiri adalah al-'azmu (tekad) dan al-qasdu (kehendak). Dan juga melafazkan niat tidak pernah diajarkan oleh  Nabi shallahu alaihi wasallam kepada para sahabatnya dan juga tidak pernah menyuruh mereka untuk melakukannya.

4️⃣ Apakah niat puasa Ramadhan harus diperbaharui setiap malamnya ataukah cukup niat dimalam pertama Ramadhan saja? Ada khilaf diantara ulama dan pendapat yang unggul bahwa niat berbilang dengan berbilangnya hari. Yakni niat berpuasa mesti diperbaharui setiap malamnya dan tidak cukup hanya diawal Ramadhan saja. Alasannya, karena setiap hari dari hari-hari Ramadhan adalah ibadah yang berdiri sendiri. Dimana sah atau tidaknya puasa yang dijalani seseorang pada hari itu tidak mempengaruhi puasa yang dijalankan sebelumnya dan puasa setelahnya. Alasan lain, jika seorang suami menggauli istrinya disiang Ramadhan pada beberapa hari yang berbeda maka kaffarat (dendanya)pun harus berbilang sesuai dengan bilangan hari yang dilanggarnya kecuali jika suami menggauli istrinya berkali-kali dalam satu hari maka kaffaratnya cukup satu dan tidak berbilang. Ini adalah bukti lain bahwa hari-hari yang ada dibulan Ramadhan itu berdiri sendiri.  

5️⃣ Apabila wanita haid atau wanita nifas suci disiang Ramadhan, atau anak kecil menjadi baligh disiang Ramadhan, orang gila sadar disiang Ramadhan, begitu juga orang kafir masuk Islam disiang Ramadhan, maka tidak ada kewajiban bagi mereka untuk berpuasa lantaran waktu niatnya telah berlalu yang semestinya dilakukan sebelum fajar. Lalu apakah mereka harus menahan diri dari makan dan minum dalam kondisi tersebut demi menghormati kemulian Ramadhan? Yang unggul bahwa tidak ada kewajiban bagi mereka menahan diri dari waktu yang tersisa pada hari itu mengingat tidak ada satu dalil pun yang memerintahkan.

〰〰〰〰〰〰〰
πŸ“±JOIN US
Whatsapp : ISLAMIC CENTER WULUHAN :
https://chat.whatsapp.com/LJTcXonhx7ZI6XPazC8I7Y
〰〰〰〰〰〰〰

Diedit dan Disebarkan Oleh
Yayasan Al-Burhan Jember
(Islamic Center Wuluhan)
Jl. Patimura, Purwojati, Dukuh Dempok, Wuluhan, Jember
Website : https://alburhanjember.com​
Facebook : https://facebook.com/alburhanjember.fp​
Instagram : https://instagram.com/alburhanjember​
Twitter : https://twitter.com/alburhanjember
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCu4MBY27Xy_cMFOaLksBPog
Telegram : https://t.me/alburhanjember

#kajian #sunnah #ramadhan #muhammadayyub #islamiccenter #wuluhan #alburhanjember #jember

Komentar

Lebih baru Lebih lama