Keutamaan Shalat Tarawih (2) - Serial 40 Hadis Ramadhan

❄🌻 ®🅰Ⓜ🅰🌙🅰🧲 🌻❄ 

(40 HADIS RAMADHAN)
📝 Oleh Ustadz Muhammad Ayyub Lc

11- KEUTAMAAN SHALAT TARAWIH (2) 

Dari 'Amr bin Murrah Al-Juhani radhiyallahu 'anhu, ia berkata; 

جاء رجلٌ إلى النَّبيِّ ، فقال : يا رسولَ اللهِ أرأيتَ إن شَهِدْتُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَ اللهُ ، و أَنَّكَ رَسُوْلُ اللهِ ، و صَلَّيْتُ الصلواتِ الخَمْسِ ، و أدَّيْتُ الزَكَاةَ ، وَ صُمْتُ رَمَضانَ ، وقُمتُه ، فممَّنْ أَنَا ؟ قال : مِنَ الصِّدِّيْقِيْنَ وَ الشُّهَدَاءِ

"Seseorang datang kepada Nabi shallahu alaihi wasallam dan berkata : Wahai Rasulullah bagaimana pendapatmu bila aku bersaksi bahwasannya tiada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Allah dan engkau adalah Rasulullah, aku mengerjakan shalat lima waktu, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan aku shalat tarawih. Maka masuk golongan manakah aku? Nabi menjawab: Masuk dalam golongan para shiddiqin dan syuhada'" (HR. Al-Bazzar, Ibnu Khuzaimah, dan Ibnu Hibban didalam shahihnya dan disahihkan oleh Syaikh al-Albani didalam Shahih at-Targhib no : 993)

✍️ Faidah Hadis :
1️⃣ Keutamaan lain yang diberikan kepada orang yang berpuasa ramadhan  dan menjaga shalat tarawihnya selain dari diampuni dosa-dosanya yang terdahulu adalah akan dikumpulkan dalam golongan para shiddiqin dan syuhada'.
2️⃣ Shiddiqin  dan syuhada adalah dua golongan yang tingkat kedudukan mereka berada diatas tingkatan orang-orang mukmin pada umumnya dan berada dibawah tingkatan para Nabi 'alaihimussalam. Dikalangan para shiddiqin pun kedudukan masing-masing mereka bertingkat-tingkat begitu juga dengan para syuhada'. Abu bakar Ash-Shiddiq ada dipuncak tertinggi digolongan para ash-shiddiq sedang Umar bin Khattab digolongan para syuhada.
3️⃣ Shiddiqin adalah orang-orang yang sempurna dan utuh pembenarannya terhadap apa yang dibawa oleh para rasul, mereka mengetahui kebenaran dan  membenarkannya dengan penuh keyakinan serta mengamalkannya baik dengan ucapan maupun perbuatan, dan juga mendakwahkannya kepada orang lain. Sedang syuhada adalah orang-orang yang  berperang dijalan Allah ta'ala untuk meninggikan kalimat Allah dimuka bumi ini tanpa sedikitpun diselipi dengan tujuan keuntungan duniawi lalu mereka terbunuh dijalan-Nya. Mereka adalah orang-orang yang lahir dan batinnya  baik sehingga amalan-amalan merekapun baik.
4️⃣ Untuk menjadi bagian dari shiddiqin dan syuhada' diperlukan kesungguhan dan tekad yang kuat untuk totalitas taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta berupaya menempuh sebab-sebab yang dapat menghantarkan kepadanya tidak hanya sekedar harapan dan angan-angan. Tentunya semuanya harus didasari dengan ilmu yang benar agar semua macam ibadah tidak ternodai dengan kesyirikan dan  tidak tercedarai dengan bid'ah.
5️⃣ Digandengkannya puasa Ramadhan dengan shalat tarawih pada hadis diatas menunjukkan bahwa shalat tarawih yang dimaksud adalah shalat tarawih yang dilakukan secara rutin yang sepaket dengan hari-hari  puasa Ramadhan, bukan shalat tarawih yang hanya dikerjakan diawal-awal Ramadhan dan ditinggal dipertengahan atau dipenghujung Ramadhan.

〰〰〰〰〰〰〰
📱JOIN US
Whatsapp : ISLAMIC CENTER WULUHAN :
https://chat.whatsapp.com/LJTcXonhx7ZI6XPazC8I7Y
〰〰〰〰〰〰〰

📡 Disebarkan dan diedit oleh
Yayasan Al-Burhan Jember (Islamic Center Wuluhan)
Jl. Patimura, Purwojati, Dukuh Dempok, Wuluhan, Jember
Website :
https://alburhanjember.com​
Facebook :
https://facebook.com/alburhanjember.fp​
Instagram :
https://instagram.com/alburhanjember​
Twitter :
https://twitter.com/alburhanjember
Youtube :
https://www.youtube.com/channel/UCu4MBY27Xy_cMFOaLksBPog
Telegram :
https://t.me/alburhanjember

#kajian #sunnah #ramadhan #muhammadayyub #alburhanjember #islamiccenter #wuluhan #jember

Komentar

Lebih baru Lebih lama