Keutamaan Shalat Tarawih (1) - Serial 40 Hadis Ramadhan

❄🌻 ®🅰Ⓜ🅰🌙🅰🧲 🌻❄ 
(40 HADIS RAMADHAN)
📝 Oleh Ustadz Muhammad Ayyub Lc

10- KEUTAMAAN SHALAT TARAWIH (1) 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda;

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan ihtisab, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

✍️ Faidah Hadis :
1️⃣ Pada bulan Ramadan terkumpul dua jihad sekaligus; jihad disiang hari dengan menahan diri dari rasa lapar dan haus dan jihad dimalam hari dengan bersabar dalam mengerjakan shalat tarawih. Kedua jihad ini membuahkan hasil yang sama, yaitu  pengampunan dosa dari dzat yang maha pengampun, Allah tabarak wa ta'ala. Hanya saja ada diantara kaum muslimin yang berjihad disiang hari namun dimalam hari tenggelam dalam kemaksiatan dan hal-hal yang tidak berguna lainnya.

2️⃣ Shalat malam dibulan Ramadhan atau yang diistilahkan dengan shalat tarawih adalah ibadah yang memiliki keutamaan dan pahala yang besar.  Bahkan dapat  dikatakan bahwa amalan sunnah yang terbaik dari sekian amalan sunnah yang ada  dibulan Ramadhan yang dengannya seorang hamba mendekatkan diri kepada Rabb-nya adalah amalan shalat tarawih.

3️⃣ Diantara keutamaan shalat tarawih yang dikerjakan dengan dasar iman dan ihtisab adalah penyebab dihapuskannya segala macam dosa masa lalu. Maksud shalat tarawih karena iman adalah membenarkan dan meyakini akan pahala dan keutamaan yang Allah janjikan pada shalat tarawih. Sedang maksud shalat tarawih karena ihtisab adalah shalat karena hendak mencari pahala, senang untuk mendapatkan pahalanya, shalat bukan karena terpaksa, tidak merasa berat melaksanakannya, dan juga bukan karena tujuan riya'.

4️⃣ Shalat tarawih mulai dikerjakan dimalam setelah hilal awal Ramadhan terlihat serta  diakui keberadaannya oleh pemerintah dan berakhir setelah hilal awal Syawal tampak. Yang paling utama shalat tarawih dilakukan secara berjamaah namun boleh dilakukan dengan sendiri-sendiri, maksimal bilangan rakaatnya 11 rakaat,  dikerjakan dengan dua rakaat salam-dua rakaat salam,  witirnya yang tiga rakaat  dapat dikerjakan sekaligus tanpa ada tahiyyat awal dan dapat pula dipisah antara yang genap dan ganjil, yakni dua rakaat salam lalu disusul satu rakaat. Shalat tarawih wajib dikerjakan dengan tuma'ninah sebagaimana wajibnya tuma'ninah pada shalat wajib dan shalat sunnah lainnya.

5️⃣ Tidak ada perbedaan antara shalat tarawih dengan qiyamullail (shalat malam) begitu juga dengan tahajjud. Dimasa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dan para shahabatnya radhiyallahu 'anhum shalat malam yang dilakukan setelah shalat isya baik didalam dan diluar Ramadhan disebut dengan istilah  qiyamullail atau tahajjud, mereka tidak menggunakan istilah tarawih. Kemudian setelah datang generasi berikutnya, untuk shalat malam di bulan Ramadhan yang dikerjakan diawal malam setelah shalat Isya mereka istilahkan dengan shalat tarawih sedang yang dikerjakan diakhir malam diistilahkan dengan tahajjud. Jika demikian hakikatnya, maka setelah mengerjakan shalat tarawih dan witir dengan jumlah rakaat yang maksimal yakni 11 rakaat maka tidak perlu lagi menambahkannya  dengan shalat lain yang disebut dengan shalat tahajjud atau qiyamullail  lantaran Aisyah radhiyallahu anha telah memberikan kesaksian bahwa jumlah rakaat shalat malam Nabi shalallahu alaihi wasallam baik dibulan  Ramadhan maupun diluar Ramadhan tidak pernah lebih dari 11 rakaat.Adapun jika ada yang memilih untuk lebih dari 11 rakaat, dimana kelebihannya itu dikerjakan pada saat itu juga (yakni diawal malam) atau tambahan itu akan dikerjakan diakhir malam itu bukan karena adanya dua shalat malam dibulan Ramadhan (tarawih dengan tahajjud) tetapi karena adanya pendapat yang mengatakan bahwa shalat malam itu (tarawih) boleh lebih dari 11 rakaat hingga bilangan yang tidak terbatas yang pengerjaannya bisa dilakukan diawal malam, pertengahan malam atau diakhir malam.

 ⭕🧭⭕
〰〰〰〰〰〰〰
📱JOIN US
Whatsapp : ISLAMIC CENTER WULUHAN :
https://chat.whatsapp.com/LJTcXonhx7ZI6XPazC8I7Y
〰〰〰〰〰〰〰

Diedit dan Disebarkan Oleh
Yayasan Al-Burhan Jember
(Islamic Center Wuluhan)
Jl. Patimura, Purwojati, Dukuh Dempok, Wuluhan, Jember
Website : https://alburhanjember.com​
Facebook : https://facebook.com/alburhanjember.fp​
Instagram : https://instagram.com/alburhanjember​
Twitter : https://twitter.com/alburhanjember
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCu4MBY27Xy_cMFOaLksBPog
Telegram : https://t.me/alburhanjember

#kajian #sunnah #ramadhan #muhammadayyub #islamiccenter #wuluhan #alburhanjember #jember

Komentar

Lebih baru Lebih lama