Keutamaan Puasa Ramadhan (2) - Serial 40 Hadis Ramadhan

❄🌻 ®🅰Ⓜ🅰🌙🅰🧲 🌻❄  

(40 HADIS RAMADHAN)
08- KEUTAMAAN PUASA  RAMADHAN (2)

📝 Oleh Ustadz Muhammad Ayyub Lc

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu ia berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wassallam bersabda;

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ  وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

"Shalat lima waktu dan shalat Jum'at ke Jum'at berikutnya, dan Ramadlan ke Ramadlan berikutnya adalah penghapus untuk dosa antara keduanya apabila dia menjauhi dosa besar." (HR. Muslim) 

✍ Faidah Hadis :
1. Menjelaskan keutamaan shalat lima waktu, shalat Jumat, dan puasa Ramadhan. Bahwa ketiga amalan  tersebut merupakan sarana terbesar dalam  menghapuskan dosa-dosa. Bersihnya seseorang dari kotoran dosa akan mendekatkan dirinya kepada Al-Quddus (dzat yang Maha Suci) dan memasukkannya kedalam perkampungan yang bersih nan suci, yaitu syurga.

2. Dosa itu bertingkat-tingkat dalam hal besar dan kecilnya, tergantung pada tingkat kerusakan yang ditimbulkannya. Namun secara global bahwa dosa itu terbagi dua; dosa besar dan dosa kecil. Dosa besar adalah  setiap pelanggaran yang pelakunya mendapatkan had (hukuman yang telah ada ketentuannya dari syariat seperti membunuh, berzina dan mencuri), atau yang ada ancaman secara khusus di akhirat nanti berupa adzab dan kemurkaan Allah (seperti bunuh diri, mengadu domba), atau yang pelakunya dilaknat melalui lisan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam(seperti wanita menyambung rambut dan memakai tato). Adapun selain itu maka dinyatakan sebagai dosa kecil. 

3. Mayoritas ulama berpendapat bahwa dosa yang terampuni pada hadis diatas hanya sebatas pada dosa-dosa kecil tidak dosa-dosa besar. Hanya saja apakah menjauhi dosa-dosa besar adalah syarat untuk mendapatkan pengampunan dosa ataukah semata-mata melakukan salah satu dari tiga amalan diatas (shalat lima waktu, shalat Jumat, dan puasa Ramadhan) sudah cukup untuk mendapatkan pengampunan dosa? Ada khilaf diantara para ulama dan yang unggu berdasarkan dhahir hadis bahwa menjauhi dosa besar adalah syarat untuk mendapatkan pengampunan dosa.

Adapun untuk dosa-dosa besar maka pengampunannya butuh pada taubat khusus yang tidak bisa terhapus hanya dengan semata-mata mengamalkan tiga amalan diatas. 

4. Jika menjauhi dosa-dosa besar sebagai syarat untuk mendapatkan pengampunan dari dosa-dosa kecil, maka menjalankan puasa Ramadhan dengan tetap bergelimang dengan dosa besar tanpa bertaubat darinya,  maka puasa tersebut tidak dapat menghapuskan dosa-dosa kecil.  

Berpuasa dan benar-benar telah bertaubat dari dosa besar sebelum masuk Ramadhan, namun kemudian berbuat dosa besar dibulan Ramadhan, maka puasa tersebut juga tidak dapat menghapus dosa-dosa kecil. 

Puasa yang benar-benar dapat menghapuskan dosa-dosa kecil adalah puasa yang pelakunya benar-benar bertaubat kepada Allah. Dimana ia tidak melakukan dan tidak terjatuh dalam dosa-dosa besar saat menjalankan ibadah puasa.

5. Jika bersuci telah menghapus dosa-dosa kecil begitu juga dengan shalat lima waktu, lalu  dosa apa yang akan dihapus untuk keutamaan shalat Jumat dan puasa Ramadhan? Para ulama menjawab, bahwa jika seseorang  tidak memiliki dosa kecil yang tersisa dan juga juga tidak memiliki dosa besar maka hal itu menjadi tambahan kebaikan untuknya serta sarana untuk meninggikan derajatnya. Dan jika ia tidak memiliki dosa kecil namun memiliki dosa besar, maka diharapkan amalan tersebut dapat  meringankannya.  

♾🧭♾

〰〰〰〰〰〰〰
📱JOIN US
Whatsapp : JEMBER SELATAN MENGAJI :
https://chat.whatsapp.com/LJTcXonhx7ZI6XPazC8I7Y
〰〰〰〰〰〰〰

Diedit dan Disebarkan Oleh
Yayasan Al-Burhan Jember
(Islamic Center Wuluhan)
Jl. Patimura, Purwojati, Dukuh Dempok, Wuluhan, Jember
Website : https://alburhanjember.com​
Facebook : https://facebook.com/alburhanjember.fp​
Instagram : https://instagram.com/alburhanjember​
Twitter : https://twitter.com/alburhanjember
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCu4MBY27Xy_cMFOaLksBPog
Telegram : https://t.me/alburhanjember

#kajian #sunnah #ramadhan #muhammadayyub #islamiccenter #wuluhan #alburhanjember #jember

Komentar

Lebih baru Lebih lama