Keutamaan Bulan Ramadhan - Serial 40 Hadis Ramadhan

❄🌻 ®🅰Ⓜ🅰🌙🅰🧲 🌻❄  

(40 HADIS RAMADHAN)
06- KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu ia berkata; Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ.

"Jika masuk bulan Ramadhan, maka pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syaithan-syaithan dibelunggu.’ (HR. al-Bukhari 4/112 dan Muslim 1079).

✍ Faidah Hadis :

1. Bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan yang berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Diantara keistimewaannya adalah dibukanya pintu-pintu surga, ditutupnya pintu-pintu neraka serta  dibelenggunya para syaitan semenjak terlihatnya hilal Ramadhan hingga terlihatnya hilal Syawal.

2. Surga memiliki delapan pintu dan kesemua pintu itu Allah buka dibulan Ramadhan tanpa satu pintu pun yang tertutup.  Dibukanya  pintu-pintu tersebut untuk  memotivasi orang-orang yang beriman agar semakin giat melakukan ketaatan berupa shalat, sedekah, dzikir, membaca Al-Quran dan kebaikan yang lainnya demi untuk meraih keindahan syurga.

3. Sebagai tambahan dari keutamaan-Nya,  Allah tutup semua pintu neraka yang kesemuanya berjumlah tujuh pintu  tanpa membiarkan satu pintu pun yang terbuka. Ditutupnya pintu-pintu tersebut untuk memotivasi para pelaku dosa untuk menahan diri dari berbuat maksiat serta tidak mengikuti langkah-langkah syaitan yang menjerumuskan.

4. Disamping ditutupnya pintu-pintu neraka, jalan-jalan menuju kesana pun di persempit. Syaitan yang biasa mengajak pada keburukan tidak lagi leluasa melancarkan tipu dayanya sebagaimana yang biasa mereka lakukan diluar Ramadhan, mereka semua terbelenggu. Terbelenggu tidak berarti syaitan libur dari pekerjaannya dari menggoda manusia, mereka tetap menggoda hanya saja belenggu itu benar-benar telah melemahkannya.

5. Maka tidak ada alasan bagi peminat kebaikan untuk tidak memperbesar kebaikannya dan tidak ada alasan bagi peminat keburukan untuk tidak  memperkecil keburukannya. Jalan-jalan menuju ketakwaan telah dibuka, mengambilnya adalah kesuksesan sedang mengabaikannya adalah kerugian. Rasulullah shalallahu alaihi wasallam berdoa, 'Sungguh sangat terhina dan rendah bagi seseorang yang mendapatkan Ramadhan kemudian bulan itu berlalu sedang ia belum  mendapatkan pengampunan."

♾🧭♾

Diedit dan Disebarkan Oleh

Yayasan Al-Burhan Jember
(Islamic Center Wuluhan)
Jl. Patimura, Purwojati, Dukuh Dempok, Wuluhan, Jember
Website : https://alburhanjember.com​
Facebook : https://facebook.com/alburhanjember.fp​
Instagram : https://instagram.com/alburhanjember​
Twitter : https://twitter.com/alburhanjember
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCu4MBY27Xy_cMFOaLksBPog
Telegram : https://t.me/alburhanjember

#kajian #sunnah #ramadhan #muhammadayyub #islamiccenter #wuluhan #alburhanjember #jember

Komentar

Lebih baru Lebih lama